Wedding Preparation: Daftar Lagu untuk Pernikahan si Pecinta Musik Indie

Menurut saya, lagu yang dimainkan saat resepsi pernikahan turut menciptakan ambience pesta.

Saya pernah datang ke resepsi pernikahan di mana bandnya bawain lagu patah hati yang liriknya sedih-sediiiiih banget. Acara yang mestinya penuh suka cita malah jadi gloomy. Ya bagus lah kalau suasanannya haru karena bahagia, kan gawat kalau  harunya karena ingat mantan.

Berhubung saya ini orangya perfeksionis dan saat nikahan ingin serba personal, saya menyusun sendiri daftar lagu pernikahan/wedding song. Baru menulis lagu urutan pertama, saya baru sadar kalau saya nggak apal lagu-lagu mainstream Indonesia dan Barat jaman now :”D. Dari zaman kuliah dengarnya lagu-lagu Indie Indonesia dan band rock Jepang melulu sih.

Anyway, karena tema pernikahan saya rustic indoor, pasnya memang musik folk yang  jadi aliran band-band indie kesayangan. Cuma khawatirnya, nanti bandnya bisa bawain lagu yang saya mau nggak ya? Secara lagu-lagunya agak antimainstream. Karena pertimbangan ini, akhirnya yang memilih lagu-lagu indie yang paling mainstream ditambah Youtuban untuk mencari lagu-lagu terbaru yang kira-kira cocok dibawakan di acara pernikahan. Yang pasti liriknya nggak boleh mellow-mellow tentang patah hati.

Check it out my playlist:

1. Banda Neira – Sampai jadi Debu 🖤
2. Payung Teduh – Angin Pujaan Hujan 🖤
3. Tulus – Monokrom 🖤
4. White Shoes & the Couples Company – Windu & Defrina 🖤
5. Maroon 5 – Sugar 🖤
6. Train – Marry me 🖤
7. Andien – Belahan Jantungku 🖤
8. Payung teduh – menuju senja
9. Kunto aji – Mercusuar  🖤
10. Michael Jackson ft Justin Timberlake – Love Never Felt so good 🖤
11. Kahitna – Menikah Denganmu 🖤
12. Michael Bublé – Everything 🖤
13. Vidi Aldiano – Definisi Bahagia
14. Abdul and Coffee Theory – Happy Ending
15. Isyana Ft Rayi – Kau adalah
16. Banda Neira – Hujan di Mimpi 🖤
17. Ten 2 Five – I Do 🖤
18. Tulus – Teman Hidup
19. James Arthur – Say you won’t let go
20. Maliq n d’essential – Pilihanku
21. Payung Teduh – akad
22. Ed sheeran – Thinking out loud
23. Maliq n d’essential – Dia
24. Tulus – Jangan Cintai aku apa adanya
25. Shane Filan – Knee Deep in My Heart 🖤
26. Coldplay – a sky full of stars
27. Payung teduh – untuk perempuan yang sedang dalam pelukan
28. Ed Sheeran – Photograph
29. Kahitna – Untukku
30. Chrisye – Cah Ayu
31. Endah n Rhesa – Liburan Indie 🖤

🖤 = wajib dibawain
Note:  Jangan bawain lagu Raisa, Afgan, Anji, karena pengantinnya ga suka :”D *sesuai WA saya ke WO*

(Baca juga: Rekomendasi Vendor Foto Pernikahan)

1. Banda Neira – Sampai jadi Debu

Selamanya…

Sampai kita tua, sampai jadi debu

Lagu-lagu Banda Neira selalu menemani saya di perjalanan. Pengennya lagu ini jadi lagu pertama yang dibawain. Ditambah lagi di Instagram saya pernah lihat lagu ini jadi lagu pengiring when the bride is walking down the aisle.

2. Payung Teduh – Angin Pujaan Hujan 

Liriknya emang nggak romantis sih, tapi masih implisit khas album Dunia Batas.

3. Tulus – Monokrom 

Di mana pun kalian berada
Kukirimkan terima kasih
Untuk warna dalam hidupku dan banyak
kenangan indah
Kau melukis aku

Liriknya bisa untuk orangtua, teman, atau pasangan. Sederhana tapi menyentuh.

4. White Shoes & the Couples Company – Windu & Defrina

Saya suka White Shoes & the Couples Company dan sempat bingung lagu mana yang paling mainstream sekaligus asyik dimainkan saat kawinan. Pilihan pun jatuh pada Windu & Defrina. Bikin pengen berdansa!

5. Maroon 5 – Sugar

Termasuk lagu mainstream di acara kawinan dan memang menciptakan ambience yang asyik. Bayangin coba kalau Maroon 5 tiba-tiba muncul di acara kawinanmu.

6. Train – Marry me

Marry me
Today and every day

Meleleh ga lo sama liriknya? Apalagi ditambah liat video klipnya :”D

7. Andien – Belahan Jantungku

Andien memilih jalur indie untuk album Metamorfosa. Memang lagu Belahan Jantungku ini untuk seorang ibu pada anaknya. Tapi karena liriknya yang tulus ini saya pengen lagu ini dimainkan dimainkan di pernikahan saya. Karena saat menikah, momen bahagia nggak hanya berasal dari cinta pasangan aja kan? Tapi juga cinta orangtua dan teman-teman.

8. Payung teduh – menuju senja

9. Kunto aji – Mercusuar

Waktu pertama Kapalku tlah bersauh
Aku tak ingin jauh
Padamulah aku akan berlabuh

Waktu pertama kali dengar lagu ini, saya nangis sodara-sodara :”D. Abis liriknya daleeeem banget. Tentang orang yang lelah mencari hingga akhirnya menemukan mercusuar alias the one.

10. Michael Jackson ft Justin Timberlake – Love Never Felt so good

Termasuk lagu mainstream kawinan yang tidak menye-menye dan beat-nya asyik.

11. Kahitna – Menikahimu

Dari saya ABG, saya berikrar lagu ini harus dimainkan saat saya menikah nanti. Dan termasuk lagu yang mainstream juga sih.

12. Michael Bublé – Everything

And in this crazy life, and through these crazy times
It’s you, it’s you, you make me sing
You’re every line, you’re every word, you’re everything

Liriknya lucu sekaligus romantis.

13. Vidi Aldiano – Definisi Bahagia

Saya pernah denger lagu ini di kawinan teman saya. Entah bandnya yang jago apa gimana, lagu ini kedengeran sangat asyik.

14. Abdul and Coffee Theory – Happy Ending

15. Isyana Ft Rayi – Kau adalah

Termasuk lagu yang sering diputar di radio mainstream jaman now.

16. Banda Neira – Hujan di Mimpi

Liriknya sederhana, tapi  puitis dan menyentuh khas Banda Naira. Ah, kenapa sih kalian bubar? :”D

17. Ten 2 Five – I Do

On this bright day I wanna swear
I will always be there by your side
Yes I promise you babe, 
that I will always treat you right
Cause so many man I know, 
you’re the one that I love so true

Sounds great for wedding song right?

18. Tulus – Teman Hidup

Salah satu lagu wajib band-band di tiap kawinan. Video klipnya bikin haru. :”)

19. James Arthur – Say You Won’t Let Go

Rekomendasi dari teman.

20. Maliq n d’essential – Pilihanku

Maukah kau tuk menjadi pilihanku

Menjadi yang terakhir dalam hidupku

Maukah kau tuk menjadi yang pertama

Yang selalu ada di saat pagi ku membuka mata

21. Payung Teduh – Akad

Adakah band kawinan jaman now yang nggak memainkan lagu ini? Jawabannya mungkin nggak. Saking mainstreamnya mungkin mulai mengalahkan lagu Kisah Romantisnya Glen Fredly. Sedih sih, gara-gara lagu ini Mas Is vokalisnya Payung Teduh caw. :(((((

22. Ed sheeran – Thinking out loud

Another lagu wajib-kawinan-jaman now.

23. Maliq n d’essential – Dia

Diaaaa melihatku apa adanya, seakan ku sempurna

That’s what he did 🙂

24. Tulus – Jangan Cintai aku apa adanya

Merupakan antitesis dari lagu Maliq-Dia :D. Lagi-lagi video klip Tulus bikin haru.

25. Shane Filan – Knee Deep in My Heart

Nonton video klipnya aja udah terasa ambience pernikahan.

26. Coldplay – a sky full of stars

Pengen nempatin satu lagu Coldplay dan sempat bingung. Akhirnya lagu ini yang dipilih karena A Sky Full of Stars jadi lagu yang lumayan sering dipakai untuk melamar.

27. Payung teduh – untuk perempuan yang sedang dalam pelukan

Teromantis dan tersyahdu!


28. Ed Sheeran – Photograph

No need to say lah ya.

29. Kahitna – Untukku

Lagi-lagi waktu ABG saya pikir lirik lagu ini super romantis. Walau ke ujung dunia, pasti akan ku cari…

Mencari jodoh maksudnya 😀

30. Chrisye – Cah Ayu

Taste of Indonesia banget deh lagu ini. Cocok untuk kamu yang pakai tema tradisional. Dengerin deh 🙂

31. Endah n Rhesa – Liburan Indie

Memang bukan lagu romantis, tapi jadi lagu Endah n Rhesa yang paling saya suka. Liriknya lucu dan bikin pengen liburan… sama suami *honeymoon kali maksudnya* :p

 

Yuk, share list lagu nikahan kamu!

(Baca juga: Tips Supaya Tidak Menjadi Bridezilla dan Tetap Waras Menjelang Hari H)

One thought on “Wedding Preparation: Daftar Lagu untuk Pernikahan si Pecinta Musik Indie”

Leave a comment