Wedding Preparation: Memilih Vendor Foto Wedding di Bogor

Memilih vendor foto wedding adalah hal yang sangat esensial dan personal. Buat saya, vendor foto bahkan lebih penting dari baju yang saya pakai nanti.

Maksudnya meski dekorasinya sebagus apa pun, atau bajunya se-wah gimana pun, kalau nggak bisa diabadikan dengan baik, jadinya ya kelihatan biasa aja. Sebaliknya, sekalipun nikahnya di rumah dengan sederhana, tapi kalau yang motonya jago bakal tetap kelihatan bagus.

Setelah jalan-jalan ke berbagai akun foto wedding di Instagram, saya menarik kesimpulan kalau ada dua macam tipe vendor fotografi. Yang pertama adalah foto berdasarkan pose dan yang kedua foto berdasarkan momen.

Saya sendiri memilih yang kedua. Mengingat saya suka canggung kalau difoto, wedding fotografer based in moment ini tetap bisa mengambil foto-foto yang bagus. Selain itu foto yang dihasilkan juga lebih natural, berkesan, dan hidup. Kebanyakan foto-fotonya diambil secara candid.

Untuk memilih style foto ini, jangan cuma melihat hasil foto prewedding, tapi lihat juga foto saat wedding. Seringnya vendor memang memasang foto hasil prewed karena jepretan bisa diulang-ulang dan dilakukan outdoor (lighting lebih bagus). Inilah yang celaka. Karena ada yang saat prewed bagus, tapi pas wedding malah momen-momen penting nggak ketangkap sempurna. Fotografer yang bagus foto di outdoor, belum tentu bagus juga di indoor.

Kemudian yang menjadi pertimbangan kedua adalah tone yang digunakan. Sekarang ini lagi musim tone Pinterest yang membuat foto biasa pun terlihat artistik. Perhatikan konsistensi tone, ambience, lighting. Karena inkonsistensi tone bisa membuata ambience antar foto jadi nggak sama.

Kemudian pertimbangan ketiga tentu aja soal harga. Soal harga ini bener-bener harus dipelototin banget dan kembali lagi ke bujet dan selera masing-masing. Karena setelah menerima price list, ini yang biasanya terjadi:

  1. Harga murah, tapi album yang didapat cuma satu dan foto yang diedit dikit banget.
  2. Harga agak mahal, tapi memang hampir semua foto diedit.
  3. Harga murah, tapi fotografer cuma satu.
  4. Harga sedang/mahal dan belum termasuk video.
  5. Jumlah halaman album sedikit.

Sayangnya, vendor fotografi yang saya suka kebanyakan BUKAN berasal dari Bogor, yang artinya saya harus dikenakan charge tambahan. Berikut beberapa vendor wedding fotografi favorit saya.

 

Rifan Wahyudi

Lokasi: Bandung

Harga: $$, half day wedding (12 jam) mulai dari Rp13 juta, prewed mulai dari Rp5 juta.

Pas pertama kali lihat hasil foto Rifan di artikel The BrideDept, saya langsung jautuh cintaaaaa. Di artikel tersebut, pasangan pengantin menyelenggarakan pernikahan di tengah hutan dengan sederhana. Foto-foto yang dihasilkan begitu hidup dan indah. Buat saya Rifan lebih dari sekedar fotografer nikahan, tapi seorang seniman.

Awalnya saya sangka Rifan cuma mau moto di nikahan outdoor, tapi indoor juga oke kok. Soalnya doi memang lebih sering upload foto nikahan outdoor (yang sekarang emang lagi hits) dengan tema pesta yang intimate. Makanya saya yang berniat mengadakan pesta di gedung, dengan tamu ratusan khas hajatan orang Indonesia, jadi jiper duluan.

Harga jasa Rifan disesuaikan dengan jumlah tamu dan belum termasuk jasa videografer. Melihat hasilnya yang indah, saya rasa harganya memang pantas dan malah cenderung terjangkau kalau dibandingkan vendor-vendor fotografi super mahal dari Jakarta.

Hasil jepretan Rifan:

Nesnumoto

Lokasi : Bandung

Harga : $, paket prewed + siraman/pengajian + wedding mulai dari Rp9,5 juta untuk 2 album.

Di Bandung emang banyak banget vendor fotografi yang bagus. Nggak berjodoh dengan Rifan, saya pun melirik si Nesnumoto ini. Tone-nya saya suka karena lembut dan kebanyakan fotonya juga based in moment ala-ala candid gitu.

Harganya juga bersahabat karena Nes punya paketan prewed + siraman/pengajian + wedding yang terjangkau. Karena saya nggak mengambil pengajian yang sudah include dalam paket, saya pun dapat potongan Rp1 juta.

Charge ke Bogor lumayan juga, Rp2 juta, tapi memang udah termasuk penginapan. Satu lagi yang saya suka, adminnya sangat responsif dan ramah. Properti Nes untuk prewed juga banyak dan lucu-lucu loh.

Hasi foto Nesnumoto:

 

Hieros

Lokasi : Bandung

Harga : $$

Saya tahu Hieros waktu blog walking nyari-nyari review fotografer. Hieros punya tone khas yang dark yang bikin foto jadi terlihat dramatis. Tapi sayang, di portofolio instagram, nyaris semua yang dipajang settingnya outdoor. Charge ke Bogor Rp2,5 juta di luar penginapan.

Megrashy

Lokasi : Bandung

Harga : $, paket prewed + wedding mulai Rp8,5 juta untuk 1 album. Foto dan video wedding Rp6,5 juta. Prewed Rp3,5 juta.

Kenapa sih vendor foto yang bagus-bagus itu adanya di Bandung?? Kenapaaaa?? T_T. Kalau ingin hasil bagus dengan harga terjangkau, Megrashy adalah pilihan tepat. Foto-fotonya seakan punya cerita dan ekspresi pengantin ditangkap secara tepat dan indah.

Adminnya super ramah. Pas saya nawarin untuk nginep di penginapan gedung bareng sama saya, oke-oke aja. Konsultasi dan nego sama adminnya cair dan enak banget. Charge ke Bogor Rp2 juta belum termasuk penginapan. Tapi sayangnya meski murah dan hasil fotonya oke banget, albumnya cuma dikasih satu untuk paket yang termurah. Megrashy ini juga punya WO yang namanya Megrashy Wedding Planner dan reviewnya bagus-bagus. Cocok banget buat yang nggak mau ribet.

Cekidot foto-foto Megrashy:

 

 

 

Katakita dan Ceritakita

Lokasi : Bandung

Harga : $$, prewed mulai dari Rp6,6 juta, wedding mulai dari Rp11 juta (seharian), paket prewed + wedding mulai dari Rp15 juta.

Katakita adalah spesialis prewed, sedangkan Ceritakita spesialis wedding. Sesuai namanya, foto-foto hasil jepretannya emang kaya bercerita.

Hasil jepretan yang bercerita:

 

 

 

Imagenic

Lokasi : Bogor

Harga : $$, Mulai Rp12 juta untuk wedding dan Rp5 juta untuk prewedding.

Deskpripsinya makin pendek aja nih kayaknya, hahahaha. Oke selanjutnya, untuk orang Bogor pasti udah kenal dong yang namanya Imagenic. Nama Imagenic makin melejit setelah jadi vendor foto nikahannya anak ustad Arifin di Sentul. Udah banyak temen saya yang pakai jasa Imagenic dan hasilnya baguuuuus. Salah satu fotografernya pun temen sekelas saya pas di SMP.

Imagenic konsisten dengan tone-nya yang terang. Tapi menurut saya kekuatan Imagenic justru ada di cinematic video. Video klip wedding berdurasi 1-3 menitan untuk Instagram dibuat sangat manis dan menyentuh plus background musik folk yang emang kesukaan saya banget.

Ada harga ada rupa, cekidot foto-foto keren jepretan Imagenic:

 

 

Cekidot videonya yang super epik:

View this post on Instagram

Tania & Fadli's Wedding Garden Party

A post shared by Imagenic (@imagenic) on

Akar Photography

Lokasi : Bogor

Harga: $, wedding mulai dari Rp4,2 juta belum termasuk video dan Rp5 juta termasuk video. Semuanya hanya dapat 1 buah album. Prewed mulai dari Rp3,2 juta dan Rp4 juta sudah termasuk MUA.

Pas saya lihat portofolionya di Bridestory, saya langsung excited. Masih jarang vendor fotografi dari Bogor yang pakai tone ala-ala Pinterest. Tone-nya Akar Photography ini mirip-mirip vendor-vendor fotografi Bandung meski dalam beberapa foto terkesan kasar. Foto-fotonya juga based in moment alias banyak yang candid jadi terkesan alami.

Adminnya sangat responsif. Dan yang paling bikin lega adalah harganya yang sangat terjangkau di bandingkan semua vendor yang saya review di blog ini.

Jepretan Akar yang saya suka:

Aspherica

Lokasi : Bogor

Harga : $, wedding mulai dari Rp8 juta untuk 1 buah album.

Aspherica terbilang pemain baru di Bogor, didirikan oleh teman SMA saya. Meski pemain baru, jepretannya oke dan kekinian. Kalau lihat portofolionya dari awal sampai yang terbaru di Instagram, hasil fotonya semakin bagus-bagus terutama untuk gaya candid based in moment-nya. Sayang, tone-nya masih suka berubah-ubah.

Saya merekomendasikan Aspherica ke teman saya yang akan nikah pertengahan tahun ini. Karena kena harga tahun 2016, dia pun dapat super deal dengan harga yang murah meliputi prewed + wedding + dan mini studio pas hari H. Tapi untuk tahun 2017, cukup lumayan juga naiknya.

*update terbaru* sekarang Aspherica bertransformasi jadi moslem wedding partner. Jadi sepertinya mereka tidak lagi melayani prewedding, tetapi post wedding.

Cekidot hasil jepretan Aspherica:

Makotomoto

Lokasi: Bekasi

Harga: $, Mulai dari Rp4 juta untuk wedding. Makotomoto tidak menyediakan jasa prewedding.

Tertarik sama Makotomoto karena ada salah satu teman yang pakai vendor ini. Foto-fotonya terkesan mewah karena Makotomoto jagonya kasih efek lighting. Soal tone, dia mirip sama Imagenic. Harganya terjangkau banget dan asyiknya suka banyak promo tiap bulannya kaya free photobooth, diskon tambahan, dll.

Testimonial teman saya yang pakai jasa mereka, ownernya baiiiik banget. Saya membuktikan sendiri waktu tanya-tanya langsung sama ownernya. Meskipun lokasinya di Bekasi, nikahan di Bogor nggak dikenai charge tambahan. Sayangnya, menurut saya angle foto-fotonya agak monoton,

Jepretan cahaya ilahi Makotomoto:

 

 

 

Nah itulah beberapa vendor fotografi yang bikin saya bingung. Bolak-balik cek portofolio di Instagram, timbang-timbang harga, bawel tanya-tanya, Alhamdulillah saya udah menentukan pilihan dan Insya Allah nggak nyesel. Emang deh, pilih vendor foto itu harus tenang dan nggak buru-buru (dan buat saya pribadi, butuh empat bulan lebih). Namanya juga untuk menangkap momen seumur hidup sekali, ya nggak?

Yang saya suka, belum tentu satu selera dengan kalian. Tapi kalau penasaran sama price list dari vendor-vendor di atas, boleh komen, nanti saya email. Tapi jangan minta semua ya, ribet ngirimnya hehehehe.

Penasaran vendor mana yang saya pilih? Nantikan postingan selanjutnya. πŸ˜€

Advertisements

52 thoughts on “Wedding Preparation: Memilih Vendor Foto Wedding di Bogor

  1. hallo mbak riri
    salam kenal mbak saya fany
    mbak mau konsul dong hehe.. jadi ceritanya aku setuju bgt sma apa yg mbak bilang. soal mengabadikan moment itu penting karna bakal dliat berulang2 kali. aku jga lgi cari2 photo n videographer yg low budget tpi bisa ambil foto in moment mbak. trus aku rencana bakal ada acara siang dan malem mbak. klo untuk yg malem aku tertarik sama hieros trus yg siang sama si rifan itu mbak. tapi itu aku bakal keluarin budget kurleb 25jt cuma buat foto n video aja (ya gak sih mbak? aku boleh dkirim pl nya yg mreka berdua ya mbak). jadi pertanyaannya mbak punya recomended lain gak, selain 2 itu. yg bagus buat foto outdoor malam dan siang hari? yg ramah kantong hehe.. makasii mbak riri, maaf sebelumnya klo merepotkan

    Like

    1. Halo Fany, duh maaf aku baru lihat komen kamu yang ini. Bujet Rp25 juta menurutkan cukup besar, karena aku sendiri menganggarkan Rp13,5 juta udah termasuk foto prewed, foto akad+resepsi, video, dan photobooth di hari H (tapi belum termasuk transport prewed di Bandung, akomodasi, MUA, dan tiket masuk lokasi).
      Tapi karena kamu acaranya pagi+malem, biaya akan lebih besar karena biasanya vendor mengenakan charge untuk 2 acara beda waktu.
      Oh ya kamu masih butuh PL untuk 2 vendor yg kamu sebut ga? Untuk acara malam, coba cek Megrashy deh. Harganya lebih terjangkau dan siengetku dia banyak shot malem dan hasilnya hidup. Kalau mau pakai Rifan, karena belum termasuk video, saranku ambil video dari vendor Bogor aja jadi ngga kena charge lagi hehe. Untuk cinematic video coba cek video2nya @imagenic, @aspherica, dan @atmosfer_pictures. Mereka bertiga bagus-bagus dan bikin haru videonya πŸ˜€

      Like

  2. Hai mba riri, salam kenal ya..kebetulan aku lagi butuh info ttg vendor foto wedding sekitar bogor.
    boleh minta pricelist imagenic, akar dan aspherica? Jika mba berkenan, bisa diemail ke widyaup@gmail.com
    makasih mba πŸ™‚

    Like

  3. Hallo mbak Riri, salam kenal. 😊
    Terimakasih untuk info seputar vendor foto prewed dan wedding-nya. Sangat membantu.
    Jika berkenan, saya mau dong pricelist Makotomoto, Imagenic, Megrashy dan Akar. Terimakasih..
    email: adeyuliani31@gmail.com

    Like

  4. Halo kak Riri! Terima kasih sudah sharing risetnya. Pas banget selera kakak juga sedikit banyak mirip yang aku suka, jadi merasa tercerahkan πŸ™‚
    Boleh minta PL nya Rivan, Nestumoto, Imagenic, Megashy sama Toolus?
    Thank you in advance πŸ™‚

    Like

  5. Hallo Mbak Riri, salam kenal.. jadinya akhirnya pakai vendor mana mbak? kebetulan aku juga lagi cari-cari untuk daerah bogor. Boleh minta price listnya untuk vendor2 yang rekomen hasil dan harganya? Kalau boleh mau minta tolong kirim ke acit.maharani@gmail.com . thanks mba riri πŸ˜‰

    Like

  6. Haii mba riri salam kenal, lagi browsing soal vendor foto di bogor eh ketemu artikel blognya mba membantu sekali, jika berkenan boleh minta PL Makomoto dan Akar Photography ke email nuurqomariah@gmail.com ?
    Terima kasih banyak..

    Like

  7. Halo mbak riri, terimakasih atas rekomendasinya. Kalau tidak keberatan, bolehkah saya minta pricelist untuk imagenic, aspherica, atmosfer_pictures, toolus, akar, katakita dan cerita kita? Terimakasih banyak

    Like

  8. WEDDING VENUE & ORGANIZER PACKAGE di BANDUNG
    HIS BALAI SARTIKA CONVENTION HALL
    Comfort and elegant wedding venue, full carpet, AC, and beautiful main Enterance access
    Only 400KM from TOL Buah Batu
    Start from 200jt ALL IN PACKAGE
    For More Information please contac me at audia.hiscorp@gmail.com
    Or Whatsapp me on (+62) 085871829896
    Make your wedding unforgetablle!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s