Daftar Provider Prenatal Yoga dan Senam Hamil di Bogor dan Depok - ranselriri

Daftar Provider Prenatal Yoga dan Senam Hamil di Bogor dan Depok

Saya percaya lahiran yang lancar dan minim trauma salah satunya bergantung pada pemberdayaan sewaktu hamil. Selain nutrisi, pengetahuan seputar hamil dan melahirkan, olahraga juga penting. Makanya prenatal yoga dan senam hamil ada di prioritas saya setelah memasuki trimester kedua.

Coba bayangin kalau disuruh ngangkang berjam-jam saat lahiran nanti, belum lagi ditambah penahan besi supaya posisi kaki tetap terbuka lebar. Pasti pegel kan? Nggak hanya mempersiapkan fisik dalam melahirkan nanti, prenatal yoga dan senam hamil juga bisa mengatasi keluhan selama kehamilan seperti nyeri punggung, kram kaki, bengkak, dan bayi sungsang.

Saat ini udah banyak bangeeet tutorial prenatal yoga dan senam hamil di Youtube. Channel Youtube yang suka aku pantengin untuk memandu yoga salah satunya dari Budhe Yessie Bidan Kita. Tapi ikut kelas juga secara langsung banyak manfaatnya lho. Dengan mengikuti kelas, kita akan dikoreski kalau gerakan yang dilakukan salah. Ini penting banget, terutama untuk yang nggak terbiasa olahraga sebelum hamil. Daripada gerakan kita salah dan malah membahayakan dedek bayi, ya kan?

Kita juga bisa tahu manfaat di balik gerakan-gerakan tersebut. Karena umumnya instruktur prenatal yoga atau senam hamil ini bidan atau doula, mereka biasanya bikin sharing session untuk menambah pengetahuan kita soal kesehatan bumil dan persiapan melahirkan. Seru banget pokoknya 😊.

Nah, setelah blog walking dan scroll Instagram, saya menemukan beberapa tempat prenatal yoga dan senam hamil di Bogor dan Depok.

BOGOR

Natura Yoga Studio – Prenatal Yoga

IG: @naturayoga
Kontak: 087873365536 (Mbak Manda) / 0896621780
Alamat: Jl. Cikabuyutan No.3 Baranangsiang Bogor
Jadwal dan biaya:

  • Prenatal Yoga (single) setiap Rabu dan Sabtu dengan biaya Rp70.000.
  • Prenatal Yoga couple setiap minggu ketiga dengan biaya Rp100.000 untuk berdua.
Natura Yoga - ranselriri
Studio Natura Yoga

Selain prenatal yoga, di sini juga tersedia hatha yoga, yin yoga, dan fertility yoga. Sejak trimester kedua, saya dan suami rutin mengikuti prenatal yoga couple di Natura Yoga. Setelah mengikuti satu sesi, kami sepakat akan mengikuti prenatal yoga couple di Natura Yoga setiap bulannya sampai melahirkan nanti.

(Baca juga: Prenatal Yoga (Yoga Hamil) bareng Suami di Natura Yoga)

RSIA Bunda Suryatni – Prenatal Yoga

IG: @delajaskara & bidan @yuni.biru (instruktur yoga)
Kontak: 0251 754 3891 (RS)
Alamat: JL. Raya KH. Soleh Iskandar No. 21 Bogor
Jadwal dan biaya:

  • Setiap Sabtu pukul 08.00 pagi dengan biaya Rp60.000.

    Prenatal Yoga di Suryatni - ranselriri
    Studio Prenatal Yoga di RSIA Bunda Suryatni.

Prenatal yoga di RSIA Bunda Suryatni diadakan di lantai empat. Studionya lebih kecil dari Hermina, cuma muat sekitar 10 orang, tapi gerakannya lebih enak dan durasinya lumayan bisa satu jam lebih. Instrukturnya ada dua dengan jadwal bergantian. Yang pertama adalah Mbak Dela, doula tersertifikasi, yang juga sering jadi pembicara seputar kehamilan dan persalinan. Lalu ada bidan Yuni yang ngajarnya detail dan baiiik banget. Setelah yoga, bumil juga dapat snack dan susu.

Gerakan yoga di RS Suryatni ini bikin keringetan loh. Beberapa gerakan difokuskan untuk membuka panggul dan membuat adek bayi cepat turun ke jalan lahir. Berguna banget untuk bumi yang sudah masuk trimester ketiga.

Sebelum yoga, seperti biasa akan ditensi dulu oleh bidan Yuni. Untuk ikut yoga di sini langsung daftar dan bayar aja di bagian kasir ya. Nggak harus jadi pasien RS dulu kok.

RS Hermina Bogor – Senam Hamil

Kontak: 0251 8382525
Alamat: Jl. Ring Road I Kav. 23, 25, 27, Bogor
Jadwal dan biaya:

  • Rabu, pukul 16.00 – 17.00
  • Sabtu, pukul 10.00 – 11.00, 11.00 -12.00, 12.00 – 13.00.
  • Biaya Rp15.000

    Daftar Provider Prenatal Yoga dan Senam Hamil di Bogor dan Depok - alodokter
    Studio senam hamil di Hermina

Setiap hari Sabtu minggu pertama dan ketiga setiap bulannya ada kelas prenatal yang bisa diikuti berdua bersama suami. Biaya untuk ikut kelas prenatal ini gratis. RS Hermina Bogor juga menyediakan kelas laktasi dengan biaya berbeda, tergantung bidan ada dokter yang menjadi tutor.

Senam hamil di Hermina ini biayanya sangat terjangkau dan dapat kue juga (ini penting karena bumil gampang laper). Menurut saya gerakan yang diajarkan senam hamil di RS Hermina jauuuh lebih sederhana daripada prenatal yoga. Gerakannya ringan dan nggak bikin keringetan. Sebelum mulai senam, saya diukur tensi, berat badan, dan dicek detak jantung janin menggunakan doppler. Diajarkan juga tiga macam teknik pernapasan untuk mengejan tapi dengan teori yang jauh berbeda dengan prenatal yoga.

Kalau menurut ajaran yoga, saya harus memperpanjang napas dan bersikap tenang.  Hal ini agar rahim membuka sempurna saat pembukaan dan ibu tidak mudah capek. Tapi di Hermina teorinya malah harus bernapas secepat mungkin kayak orang kepedesan. Nah loh? Kayaknya sih saya aliran bernapas ala yoga aja deh 😅.

Klinik Bidan Sri Dody – Senam Hamil

Kontak: 085691269135
Alamat: Jl. Purbasari 1 No.29, Gunungbatu Bogor (Belakang pasar Gunung Batu)
Jadwal dan biaya:

  • Setiap Kamis jam 9 pagi dengan biaya Rp25.000.

Bidan Sri Dodi adalah salah satu bidan senior yang pro normal dan pro gentle birth di Bogor. Beliau sudah banyak membantu ibu-ibu dengan berbagai kondisi indikasi operasi caesar, namun akhirnya bisa melahirkan normal. Tapi untuk senam hamil tidak dilatih oleh Bidan Sri Dody, melainkan oleh bidan lain. Sebelum datang kontak lewat WA dulu ya, untuk antisipasi perubahan jadwal.

Rumah Kasih Bunda Bidan Arifah Salastiani – Senam Hamil

IG: @rumahkasihbunda
Kontak: 087770286519
Alamat: Jl. Raya Ciapus No.55 Cikaret Bogor
Jadwal:

  • Setiap hari Minggu dengan biaya Rp35.000

Saya sendiri tahu Bisan Ari hasil dari scrolling Instagram. Untuk lebih jelasnya bisa kontak melalui WhatsApp di nomor di atas.

DEPOK

Bidan Erie Marjoko – Prenatal Yoga

IG: @eriemarjoko
Kontak: 087878728444
Alamat: Kampung Utan Jaya No. 46, RT. 8/4, Jl. Raya Citayam Bojong Gede Depok

Jadwal dan biaya:

  • Setiap Rabu, Sabtu, dan Minggu jam 9 pagi dengan biaya Rp150.000

Bumil-bumil yang sedang mendalami gentle birth dan hypno birthing pasti udah nggak asing lagi dong sama Bidan Erie Marjoko. Beliau udah nggak diragukan lagi jam terbangnya dalam mengupayakan persalinan normal dan minim trauma. Prenatal yoga diadakan di klinik Budhe Erie di Citayam. Bisa WhastApp ke kontak atau DM ke IG beliau untuk info lebih lanjut.

Bidan Puspita Maulina – Prenatal Yoga

IG: @puspita_maulina
Kontak: 08561512133
Jadwal dan biaya:

  • Prenatal yoga outdoor (single) Rp120.000.
  • Prenatal yoga couple Rp250.000 untuk berdua.
  • Prenatal aqua yoga Rp250.000.

Kalau mau beryoga sambil menghirup udara alam, mungkin bumil bisa ikut sesi yoga bersama Bidan Pipit. Lokasi untuk prenatal yoga outdoor biasanya di Taman Wisata Keramik Curug Tanah Baru, sedangkan prenatal aqua yoga di homypool private pool Juanda Depok. Saya sendiri pengen banget nyobain prenatal aqua yoga, pasti rileks dan segar deh. Untuk jadwal tiap bulannya, bisa dicek langsung di IG Bidan Pipit.

Bidan Ria Kurnia Sari – Prenatal Yoga

IG: @ria.kurnia.sari
Kontak: 085692878488
Biaya:

  • Prenatal aqua yoga Rp200.000.

Bidan Ria juga melayani privat yoga, couple yoga, dan kelas persiapan persalinan. Untuk jadwal dan harga, bisa langsung kepoin di IG beliau.

Mommybe – Prenatal Yoga

IG: @mommybe_
Kontak: 089503443469
Alamat: Jl. Mandor Ancul No. 16 Kp. Pitara Depok

Selain prenatal yoga untuk bumil maupun suami, di sini juga tersedia layanan hypnobirthing, kelas persiapan persalinan, dan amani birth class. Untuk jadwal dan harga, kepoin aja langsung ke IG mommybe.

Rumah Bersalin Depok Jaya – Prenatal Yoga

IG: @rumahbersalin_depokjaya
Kontak: 082240879373 / 082143683095
Alamat: Jl. Rambutan 3 No. 27 Depok
Biaya:

  • Prenatal yoga single Rp50.000.
  • Prenatal yoga couple Rp100.000 untuk berdua.

Selain prenatal yoga, di sini kita juga bisa ikutan kelas perawatan bayi baru lahir dengan harga Rp250.000 dan hypnobirthing dengan harga yang sama. Seru!

Nah, itu dia daftar tempat prenatal yoga dan senam hamil di Bogor dan Depok. Buat bumil-bumil di luar Bogor dan Depok, bisa kepoin IG @prenatalgentleyoga untuk cari-cari provider prenatal yoga bersertifikasi di kotamu.

Yuk berdayakan diri kita supaya sehat, bugar, dan bisa menjalani persalinan secara lancar, normal, serta minim trauma. Semoga postingan ini bermanfaat ya 😊.

(Baca juga: Pengalaman Periksa Kehamilan di Bidan dan Biaya Persalinan di Bidan Wilayah Bogor)