Rp3 Jutaan Keliling 8 Kota di Iran Selama 2 Minggu

Saya cuma mengeluarkan Rp3 jutaan untuk keliling 8 kota di Iran selama dua minggu.

Iran sebagai destinasi wisata belum terlalu mainstream. Awalnya saya sama sekali nggak kepikiran ke Iran. Wong Iran nggak pernah masuk bucket list. Setelah resign kerja, pengennya sih traveling ke India yang eksotis. Tapi ibu saya nggak setuju karena alasan di India banyak kasus perkosaan.

Pikiran saya berubah setelah melihat tike pesawat PP Iran murah dari @promotrip. Ibu saya tetap nggak setuju, tapi jadi setuju asalkan dia ikut dan boleh bawa satu temannya. Lha?

giphy

Saya lebih suka traveling sendirian sebenarnya. Tapi ya udah lah ya, kalau bertiga bisa patungan makan karena porsi makanan orang Timur Tengah itu banyak banget!

Saya sendiri ragu awalnya. Iran aman nggak ya? Pada bisa bahasa Inggris nggak ya? Ada ISIS nggak ya? Maklum aja, Timur Tengah memang identik dengan perang dan teror sih (persepsi hasil bentukan media barat). Ditambah saya bawa dua buntut (Ibu dan temannya).

 

DSC_0300.JPG

Tapi semua yang pernah ke Iran pasti sepakat kalau Iran aman, indah, dan ramah. Terbukti, sebulan setelah saya posting public trip di Couchsurfing, saya langsung dapat 30 lebih invitation dari orang Iran. Padahal saya request tinggal untuk tiga orang lho! Pengalaman Couchsurfing di Iran akan saya bagikan di tulisan selanjutnya.

Meski demikian banyak juga yang nanya, โ€œHah ngapain lo ke Iran? Mau jadi TKW? Di sana ada apaan emang? Awas dibom.โ€

Berkunjung ke delapan kota di Iran benar-benar membuka mata saya kalau Iran sangat JAUH BERBEDA dari yang dipersepsikan media. Selain aman, biaya hidup di Iran juga terjangkau. Kesimpulan ini saya dapat setelah menjelajah delapan kota di Iran yakni Tehran, Kashan, Abyaneh, Nhatanz, Isfahan, Varzaneh, Yazd, dan Shiraz.

Saya hanya menghabiskan Rp3 jutaan untuk biaya hidup termasuk tiket wisata, transportasi, makan, dan menginap selama dua minggu traveling. Biaya oleh-oleh dan beli perintilan khas Iran tidak dimasukan karena bersifat opsional. Terjangkau kan?

DSC_0829

Kok bisa murah? Saya berhemat banyak karena menginap pakai Couchsurfing, patungan makan, dan transport. Untuk transport di beberapa kota, saya pakai Snapp (sejenis Uber lokal punya Iran). Tutorial pakai Snapp akan saya bahas di postingan selanjutnya. Ongkos transport di Iran sendiri sebenarnya murah karena mereka pakai bahan bakar gas.

Oke langsung aja, ini itenerary dan biaya traveling 8 kota selama kurang lebih 2 minggu di Iran:

Tanggal Hari ke- Waktu Aktivitas Biaya
09-Nov-17 1 10.10 – 13.15 Jakarta-Kuala Lumpur by AirAsia Q
Bus nyebrang terminal KLIA2 3 Ringgit
Transit di Kuala Lumpur beli ayam Popeye 14 Ringgit
Beli egg tart di bandara 5 Ringgit
Makan di pesawat. Menu nasi kungpao chicken + yoghurt + kopi 22 Ringgit
19.05-22.40 Kuala Lumpur-Tehran by AirAsia X. Dari bandara Imam Khomeini saya tidak mengeluarkan ongkos karena dijemput oleh host Couchsurfing Dr. Valiollah.
10-Nov-17 2 08.00 Sarapan disediakan oleh Dr. Valiollah dan istri. Saya tidak mengeluarkan uang transport di hari kedua karena seharian diantar oleh Nuri, asisten Dr. Valiollah. Free
10.00 Sad’abad Complex Tehran. Tidak masuk museum, hanya berkeliling kompleks museum yang luas. 200.000 Rial
13.00 Makan siang. Ini jadi makan siang termahal saya :”) tetap mahal meskipun sudah patungan. Wajar sih karena makannya di restoran yang bagus. Menunya nasi, kabab kambing, kabab ikan, dan salad. 400.000 Rial
14.00 Solat di Imamzadeh Saleh Shrine Free
15.00 Beli jus wortel di Tajrish Bazaar 40.000 Rial
16.00 Keliling Tajrish Bazaar Free
17.00 Berkunjung ke Tabiat Bridge Free
19.00 Berkunjung ke Chitgar Lake Free
20.00 Macam-macam buah sebagai makan malam disediakan oleh Nuri Free
11-Nov-17 3 08.00 Sarapan disediakan oleh Nuri Free
Metro Garmdareh – Imam Khomeini Square. Metronya dua tingkat lho! 7.000 Rial
10.30 Tiket masuk National Musem of Iran. Jangan lupa masuk ke museum gratis di sisi paling kiri. 200.000 Rial
14.00 Makan siang Kavla. Menunya Kavla, semacam sandwich tradisional Iran berukuran jumbo. Tergolong fastfood karena itu harganya murah 40.000 Rial
Patungan snapp ke bazaar sekitar masjid Imam Khomeini 20.000 Rial
15.00 Keliling bazaar Imam Khomeini. Hari ketiga saya di-guide oleh Mahdi, mahasiswa jurusan musik yang saya kenal lewat Couchsurfing. Free
Beli gembok di bazaar 30.000 Rial
Beli jus wortel di bazaar 40.000 Rial
17.00 Metro pulang ke Garmdareh 5.000 Rial
Makan malam indomie
12-Nov-17 4 08.00 Sarapan disediakan oleh Nuri Free
Patungan snapp dari rumah doktor ke terminal 50.000 Rial
11.00 Bis ke Kahsan. Saya nekat go-show ke Kahsan karena rekomendasi dari Doktor untuk mengunjugi kota ini. Makanya saya tidak sempat mencari host Couchsurfing. 250.000 Rial
Patungan taksi dari terminal ke guest house 60.000 Rial
Menginap di Golchehregan guest house. Biaya 200.000 Rial per orang hasil nego dari yang mestinya 700.000/kamar. Kami bertiga menempati kamar berisi 4 kasur. Guest housenya tua dan kasurnya keras. Tapi murah dan bersih. 200.000 Rial
16.00 Patungan makan siang sekaligus makan malam di Ehsan restoran. Menu nasi, kabab tuna, dan salad. Enak dan murah. Lokasinya di samping guest house. 160.000 Rial
13-Nov-17 5 08.00 Sarapan telur rebus dibeliin mama Free
09.30 Berkunjung ke Sultan Amir Bath House 150.000 Rial
11.00 Berangkat ke Abyaneh. Kahsan adalah kota kecil sehingga tempat wisata bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Tapi untuk menuju desa Abyaneh, kami naik mobil sewaan.Hasil menawar dari yang asalnya 1,7 juta Rial per mobil jadi 1,5 juta per mobil. Ini terhitung sangat murah karena kami bisa berkunjung ke Abyaneh dan Nhatanz, lalu diantar sampai ke Isfahan. Jarak tempuh Kahsan ke Isfahan sekitar 5 jam perjalanan. 500.000 Rial
Tiket masuk desa Abyaneh 100.000 Rial
13.00 Makan siang di Abyaneh 230.000 Rial
Minum kopi di Abyaneh 50.000 Rial
Beli manisan pome di nenek-nenek berbaju etnik 50.000 Rial
16.00 Berkunjung ke kota Nhatanz. Cuma berhenti sebentar dan foto-foto di depan masjid yang mirip kastil. Free
20.00 Patungan Snapp terminal ke rumah Pouria (Host Couchsurfing) 20.000 Rial
Biaya menginap 1 malam di rumah Pouria. Saya mendapat undangan dari Pouria, anggota Couchsurfing untuk menginap di rumahnya. Hanya saja jika aturan Couchsurfing yang sebenarnya gratis, Pouria mengutip bayaran per malam sekitar 10 USD termasuk sarapan. 380.000 Rial
21.00 Makan malam di rumah Pouria. Kami hanya membayar biaya untuk menginap dan sarapan. Tapi ternyata keluarga Pouria menyediakan kami makan malam gratis. FREE
14-Nov-17 6 08.00 Sarapan di rumah Pouria
Patungan snapp ke Imam Square 20.000 Rial
10.00 Keliling Imam Square dan bazaar Free
12.00 Tiket masuk Abbasi Great Mosque 200.000 Rial
14.00 Patungan makan di Parsian Traditional Banquet Hall sebelah Sheikh Lotfollah Mosque. Menu daging kambing yang ditumbuk lalu disiram kari, nasi, dan salad. Enak banget. Restoran ini dapat rating 4.5 di Tripadvisor. 300.000 Rial
Patungan Snapp ke Se O Se Pol Bridge 15.000 Rial
Se O se Pol Bridge. Lebih cantik dikunjungi saat malam. Free
Patungan Snapp ke rumah Pouria 20.000 Rial
Biaya menginap 1 malam di rumah Pouria 380.000 Rial
15-Nov-17 7 Sarapan di rumah Pouria
Patungan Snapp ke Van Chatedral 15.000 Rial
Tiket masuk Van Chatedral 200.000 Rial
Patungan Snapp ke Khaju Bridge 15.000 Rial
Khaju Bridge FREE
Patungan Snapp ke Jame Mosque of Isfahan 15.000 Rial
Jame Mosque of Isfahan. Hanya melihat-melihat di luar karena waktunya takut tidak cukup.
Beli jus wortel di Jame Mosque 40.000 Rial
Patungan Snapp ke rumah Pouria 15.000 Rial
Patungan taksi ke ‘J’ terminal 20.000 Rial
Ongkos mini bus ke Varzaneh 50.000 Rial
Makan malam di Hafez Traditional Guest House. Menu roti, terong yang dihancurin (ga tau namanya), dan semacam telor dadar yang ditumis dengan bayam giling. Semua makanan yang disediakan di Hafez Guesthouse adalah masakan rumah. Pembayaran di akhir
16-Nov 8 08.00 Sarapan Indomie
Jame historical mosque of Varzaneh Free
Pigeon tower. Di dalamnya terdapat display barang antik khas Iran. Naik ke puncaknya dan kamu akan lihat pemandangan spektakuler! 50.000 Rial
Makan siang oleh Hafez Guest House. Menu nasi, kari kambing, tumis terong, dan yoghurt. Makanan rumahan yang enak banget! Setelahnya Saya ikut tur ke gurun pasir yang disediakan oleh Hafez guest house. Pembayaran di akhir
Ke pigeon tower
Salt lake 50.000 Rial
Melihat sunset di gurun pasir
Sandboarding
Beli kue kering untuk makan malam; telur dan jus untuk sarapan 20.000 Rial
17-Nov 9 08.00 Sarapan telur mata sapi
Biaya menginap 3 malam di Hafez Guest House adalah GRATIS karena saya diundang oleh Hamidreza dari Couchsurfing untuk menginap di penginapan omnya yang baru dibuka ini. Saya hanya membayar biaya makan dan tur ke gurun pasir. 740.000 Rial
11.00 Patungan taksi ke tol. Tidak ada bus langsung ke Varzaneh, sehingga kami harus menuju tol lalu mencegatnya dari sana. 120.000 Rial
Bus ke Yazd 200.000 Rial
Patungan taksi dari terminal ke apartemen om Ali. Ali Estabraghi, member Couchsurfing, mempersilakan saya memakai apartemennya dengan biaya 400.000 Rial per malam. Om Ali sendiri tinggal di luar kota. Dia hanya ninggalin kunci di rak sepatu dan apartemen berikut dapur, kamar, dan seluruh fasilitasnya bebas saya pakai selama dua hari. 50.000 Rial
Biaya menginap 2 malam di apartemen Om Ali 266.000 Rial
Makan siang indomie. Stok indomie terakhir :”D
19.00 Makan malam. Menu nasi, kabab, salad. Di perjalanan pulang ada bapak-bapak yang mengantarkan bubur manis warna kuning dan putih. Ternyata ini semacam penganan untuk di hari peringatan wafatnya Imam Reza. Orang Iran akan memasak bubur lalu dibagikan pada tetangga. 70.000 Rial
18-Nov-17 10 08.00 Beli jus, telur, dan sosis untuk sarapan lalu di masak di apartemen. Jas 11 kedatangan Couchsurfer asal Chezh bernama Yano. Kami lalu patungan ke pusat kota. Sorenya Yano memutuskan tidak tidur di tempat Om Ali dan memilih menginap di hostel 30.000 Rial
Patungan taksi. 25.000 Rial
11.00 Jame mosque of Yazd dan museum 90.000 Rial
13.00 Alexander’s Prison. Di dalamnya ada semacam galeri dan air mancur yang cantiiiik banget. Free
14.00 Makan siang Ditraktir mama
15.00 Old town walking tour. Berjalan di bawah lorong-lorong tua Kota Yazd serasa balik ke zaman dulu! Free
Beli tur ke Persepolis dan Pasargadae. Sudah termasuk driver dan mobil + ke Shiraz. Kami memesan tur di travel agent dekat Jame mosque. Saran saya, jangan masuk ke agen “Iranian Tour and Travel Agency” yang letaknya di pinggir jalan karena mbaknya jutek dan kurang helpful, harganya juga lebih mahal. Di samping agen tersebut ada jalan kecil dan jalanlah sekitar 5 meter. Masuklah ke agen”Shirdal Airya”. Biaya tiket/tur lebih rumah dan mbaknya lebih ramah. Biaya tur Persepolis+Pasargaade+diantar ke Shiraz adalah 4.000.000 Rial per mobil. Saya nego dan diberi harga 3.600.000 Rial per mobil. Saat itu saya bertemu Couchsurfer asal Prancis bernama Demian yg juga hendak ke Peserpolis lalu ke Shiraz sehingga ongkos bisa dibagi 4 ๐Ÿ™‚ 900.000 Rial
Beli tiket kereta Shiraz-Yazd 840.000 Rial
Beli buku Lonely Planet bahasa Parsian. Telat banget sebenarnya. Hari ke-10 dan baru beli :p 200.000 Rial
17.00 Amir Chakhmagh Free
18.00 Bazaar di Amir Chahmagh
19.00 Patungan taksi pulang ke apartemen Om Ali 330.000 Rial
19-Nov-17 11 08.00 Sarapan sisa telur
09.00 Berangkat ke Pasargaade. Mobil yang disewa menjemput di depan pintu apartemen.
13.00 Tiket Pasargaade 200.000 Rial
12.00 Makan siang. Cukup mahal, tapi meni buffet yang variatif dan makan sepuasnyaaa. 200.000 Rial
16.00 Tiket Persepolis. Sayangnya sampai ke Persepolis udah kesorean jadi kurang puas. 200.000 Rial
19.00 Patungan taksi ke Friendly Hostel Shiraz 50.000 Rial
20-Nov-17 12 08.00 Sarapan dengan roti, selai, telur, wortel, dan timun. Termasuk dalam biaya menginap di Friendly hostel.
Patungan snapp ke Nasir Al-Mulk mosque 15.000 Rial
11.00 Tiket masuk Nasir Al-Mulk mosque 200.000 Rial
13.00 Patungan makan siang 83.000 Rial
14.00 Shah Cheragh Shrine. Wajib menitipkan tas dan kamera. Satu rombongan akan ditemani guide gratis. Free
Patungan Snapp ke Friendly Hostel 15.000 Rial
Biaya menginap semalam di Friendly hostel termasuk sarapan 10 USD
16.00 Kereta Shiraz-Tehran. Sleeper train yang sangat nyaman. Lama perjalanan 14 jam tapi tidak terasa. Sudah dibayar
19.00 Pesan makan malam di kereta. Menu nasi dan ayam goreng. 100.000 Rial
21-Nov 13 07.00 Tiba di Tehran. Menitipkan koper di luggage store stasiun dan membauar 100.000 Rial, sarapan kue bolu bekal dari kereta 100.000 Rial
Metro ke Tajrish bazaar untuk beli oleh-oleh 8.000 Rial
Beli pistachio 150.000 Rial
Patungan makan makanan khas Parsian 55.000 Rial
Metro ke Imam Bazaar untuk beli kemeja hadiah pak Doktor Couchsurfing
Bus ke stasiun. Gratis karena dibayari oleh bapak-bapak yang baik hati. FREE
Patungan Snapp dari stasiun ke rumah doktor 65.000 Rial
21.00 Ke bandara diantar Nuri. Nuri ternyata nyambi jadi supir Snapp. Karena tidak enak sudah banyak dibantu, akhirnya mama saya membayar 500.000 Rial.
00.00 Bertolak ke Kuala Lumpur
22-Nov-17 14 12.45 Tiba di Kuala Lumpur
Makan siang Tom yam 11,90 Ringgit
Minum susu kacang kedelai yang enak 3,35 Ringgit
19.00 Pulang ke Indonesia
Damri ke Bogor Rp55.000

Kurs:

1 USD = 40.000 Rial

1 USD = Rp13.000

1 RM = Rp3.000

DSC_0251

Total pengeluaran:

= 9.909.000 Rial +ย 10 USD + 59,25 Ringgit + Rp55.000

= Rp3.220.425 + Rp130.000 + Rp177.750

Total biaya traveling 8 Kota di Iran (belum termasuk tiket pesawat) adalah Rp3.466.175. Sedangkan tiket pesawat CGK-KUL-IKA PP yang saya bayarkan Rp3.865.000 sudah termasuk bagasi 20 kg.

Dengan Rp3 jutaan saya bisa puas mengunjungi sebuah negara di Timur Tengah selama kurang lebih dua minggu. Tertarik ke Iran?

(Baca juga:ย Cara Mudah Mengurus Visa Iran di Kedutaanย Iran)

 

Advertisements

7 thoughts on “Rp3 Jutaan Keliling 8 Kota di Iran Selama 2 Minggu

        1. Hi kak,mau tanya nih, ada gak ya travel agency yg mau membantu ngebuatin visa ke iran biar kita gak kerepotan soalnya saya domisili di semarang.atau mungkin kakak atau temen kakak busa membantu.

          Like

          1. Wah aku nggak tau deh, tapi biasanya travel agent emang ada jasa untuk visa. Kenapa nggak pake Visa on Arrival aja? Rata2 yg di luar Jabodetabek pakai VoA langsung di bandara Tehran.

            Like

  1. Kak aku ada kenalan di iran,kira kira berapa ya biaya untuk 5 hari?dan kalau bawa 5jt itu disana berapa tomans?aku juga gabisa bahasa persia,terus gimana?

    Like

    1. Hi aku udah nulis konversinya di paling bawah ya. Rupiah dikinversi ke dollar dulu, trs dollar dikonversi ke Rial. Nah Toman itu cuma ngurangin nol dari Rial. Misalnya 10.000 Rial berarti jadi 1.000 Toman.
      Bawa 5 juta untuk 5 hari sih cukup banget buat aku. Aku juga ga bisa parsian, tapi survive dengan bahasa inggris. Untuk lebih amannya beli buku saku bahasa Persia aja keluaran Lonely Planet ๐Ÿ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s